Senin, 12 November 2012

Bangkok

Dari Bandara Soekarno Hatta pukul 12.55 dengan pesawat GA 868 tiba di Bandara Suvarnabhumi pukul 16.55 yang seharusnya 16.25.
Kesan pertama yang didapat di bandara ibukota Thailand tersebut adalah banyaknya turis asing yang berkunjung ke Thailand, hmmmm kenapa ya?.....
Karena kami mennginap di Hotel Holliday Inn Bangkok dari bandara nyoba naik kereta, ada dua pilihan  pakai Suvarnabhumi City Line atau Suvarnabhumi Airport Express, bedanya kalau City Line berhenti setiap stasiun dan tujuan akhirnya di stasiun Phya Thai sedangkan yang Express hanya sampai Stasiun Makkasan dan tidak berhenti di stasiun antara. Akhirnya kami memilih City Line sampai Stasiun Phya Thai dan rencana melanjutkan menggunakan Taxi ke hotel.
Setelah mengambil bagasi tinggal mengikuti papan petunjuk menuju stasiun yang berada di lantai B1 platform 2.


PINTU MASUK STASIUN SUVARNABHUMI


PLATFORM 2 MENUJU PHYA THAI


Perjalanan menggunakan City Line sampai Stasiun Phya Thai kurang lebih 30 menit (termasuk disusul oleh kereta Express di Stasiun Ramkhamhaeng), turun dari stasiun langsung naik Taxi Meter menuju Hotel Holliday Inn setelah perjalanan sekitar 30 menit sampailah kami di hotel...tapiiiiii ternyata itu bukan hotel tujuan kami namanya sama Holiday Inn tapi lokasinya di Silom bukan di jalan Phloen Chit hehehehhe setelah dijelaskan oleh petugas hotel balik kanan maju jalan, padahal badan dah pegel pengen rebahan, jadi nambah deh perjalanan 15 menit lagi. Sebenarnya waktu bisa dihemat kalau turun dari City Line di Stasiun Rajprarop satu stasiun sebelum Phya Thai dari stasiun tinggal jalan kaki kurang lebih 10 menit tapi yang terpenting perjalanan hari itu sudah selesai dan bisa istirahat.
Esok harinya berangkat dari hotel jam 10.00 rencana mau nyoba semua jalur kereta,  naik Sukhumpit Line dari Stasiun Chit Lom pas depan hotel menuju Siam waktu perjalanan kurang dari 5 menit, di Stasiun Siam  pindah menggunakan MRT Silom Line menuju Stasiun Si lom.

STASIUN CHIT LOM

Walaupun berpindah-pindah jalur kereta tapi ternyata tidak terlalu sulit karena papan petunjuk sangat banyak dan jelas tinggal kita melihat peta yang biasa didapat di hotel atau bandara kemudian menetukan stasiun yang dituju.


PAPAN INFORMASI



Dari Stasiun Si Lom pindah jalur lagi ke Subway Line menuju Stasiun Hua Lamphong yang ternyata stasiunnya cukup besar.

PETUNJUK ARAH
STASIUN HUA LAMPHONG

MUSHOLA DI SEBELAH HALL STASIUN HUA LAMPHONG

Keluar dari stasiun nyoba naik Tuk-tuk kendaraan khas Bangkok menuju sungai Chao Pharaya, dengan menggunakan perahu menyusuri sungai dan kanal-kanal cukup menyenangkan.

MENYUSURI SUNGAI CHAO PHARAYA

BANYAK WAT SEPANJANG SUNGAI DAN KANAL

BENTENG WICHAI PRASIT

IKAN PATIN 


Setelah satu jam lebih menyusuri sungai dan kanal, perahu menepi dekat Wat Phra Kaew (Grand Palace), karena sudah cukup siang hanya lewat di depan Grand Palace kemudian naik Bus No 1 tarifnya cukup murah cuma 8 Baht menuju ke Stasiun Hua Lamphong kembali.

PINTU MASUK GRAND PALACE

POLISI DEPAN GRAND PALACE MENGATUR LALU LINTAS SAMBIL BERJOGET
Sampai di Stasiun Hua Lamphong sempat ketemu sama anak-anak muda dari Pathani dan Jambi di Mushola yang terletak di sebelah Hall sedang istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke sebuah pesantren. 
Dari Stasiun Hua Lamphong rencana akan melanjutkan ke Stasiun Asok tetapi ternyata salah beli tiket bukannya beli tiket Subway malah beli tiket komuter tujuan Asok.

LOKET KERETA KOMUTER
Harga tiketnya sangat fantastis hanya 2 Baht hehhehehe ternyata kereta ekonomi yang sangat jauh berbeda kondisinya dengan MRT maupun Subway.

SUASANA KA KOMUTER

LOKOMOTIF TUA YANG MASIH DIPAKAI DI STASIUN HUA LAMPHONG

Sampai Stasiun Asok ternyata berbeda dengan Sky Train Asok untungnya masih dekat dengan stasiun Subway Phetchaburi cuma 100 meter jalan kaki.

STASIUN PHETCHABURI
Dari Stasiun Phetchaburi naik Subway sampai Stasiun Sukhumvit dilanjutkan ke Stasiun Siam menggunakan Sukhumvit Line. Setelah makan siang di Paragon Siam kembali ke hotel jalan kaki menggunakan jalan di bawah Sky Line.

SUASANA DILIHAT DARI JALAN DIBAWAH JALUR SKY LINE
JALUR SKY LINE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar